Tuesday, February 14, 2017

Tak hanya unik, Makanan Khas daerah Sambas ternyata enak-enak loh..

Makanan Khas Melayu Sambas

       Pernah berkunjung ke kota melayu di kalimantan barat ? Pernah mendengar nama kota Sambas ? Kabupaten Sambas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat yang memiliki luas wilayah 6.395,7 km persegi.bagi anda yang pernah berkunjung tentu sudah pernah atau tidak asing lagi dengan kuliner yang tersedia di kota tersebut. Sambas merupakan salah satu kota wisata dikalimantan barat yang masih kaya akan sumber daya alam dan pangan nya. tidak hanya tempat wisata, sambas juga dikenal dengan Batik khas Sambas dan tenun. jika anda berkunjung/berwisata ke kota Sambas, cobalah beberapa makanan khas daerah sambas yang tak kalah enak dari makanan khas  kota-kota lain di Indonesia.
 Gambar 1.1: Makanan khas Melayu Sambas
Kuliner atau makanan khas Sambas merupakan hasil olahan dari alam ditanah kalimantan. tidak hanya hasil yang ditanam di kebun, masyarakat sambas juga memanfaatkan tanaman-tanaman dari hutan seperti rebung, Jamur (kullat), daun singkil, dll. Adapun makanan khas melayu sambas yang wajib anda cicipi ialah :

1. Bubur Pedas
Bubur pedas merupakan makanan khas daerah sambas yang paling banyak digemari, selain enak bubur pedas juga mengandung protein dari bahan-bahan tumbuhan. bubur pedas biasanya disajikan saat berkumpul keluarga, serakalan, tepung tawar, selamatan, maupun acara lainnya. 
 Gambar 1.2: Bubur Pedas
bubur pedas terdiri dari berbagai jenis tumbuhan baik dari tanaman dari hasil kebun maupun tanaman dari hutan. adapun bahan-bahan pembuatan bubur pedas ialah
Bahan-bahan:
1. Beras
2. kelapa parut
3. tetelan sapi atau daging ayam
4. kacang panjang
5. wortel
6. ubi jalar/ubi kayu
7. kangkung
8. tauge
9. rebung
Dan tentunya jangan sampai ketinggalan
8. pakis (miding)
9. daun kesum
10. Kecambah
11.Jagung
12. air
 Gambar 1.3: Bahan utama pemuatan bubur pedas
Bumbu:
1. daun salam
2. serai
3. lengkuas
4. bawang merah
5. bawang putih
6. cabai merah
7. merica
Pelengkap:
1. kacang tanah
2. ikan teri
3. Bawang goreng
4. Kecap manis
5. Jeruk limau
6. Sambal cair dari cabe rawit
 2. Lontong
Makanan khas sambas lainnya adalah Lontong, Lontong merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang di nanak seperti ketupat dengan diberi kuah lemak atau rendang lalu di campur mie sanggol (mie kuning). tidak lupa bahan lengkap seperti sayur mayur seperti wortel, kangkung, kacang panjang dan banyak lagi.
Gambar 1.4: Bubur Lontong
 jangan lupa untuk menambahkan bawang goreng, ikan teri dan kacang goreng . agar lebih nikmat tambah kecap asin dan kecap manis.

3. kue Pasung
dari namanya kita bakal tau bentuk nya seperti apa, ya kue pasung merupakan salah satu makanan khas sambas lainnya yang wajib anda cicipi. kue pasung dibuat dari bahan tepung beras dan gula merah yang diadon kemudian dikukus. kue pasung ialah makanan tanpa pewarna, sehingga baik untuk pencernaan anda.
Gambar 1.5: Kue Pasung Khas Sambas
       Kue Pasung dibuat dengan bahan daun pisang sebagai wadah untuk menampung isi. dengan di bentuk seperti kerucut, tidak hanya menarik dari sisi bentuk makanan ini juga sangat enak.

4. kue deram-deram
       kue deram-deram terbuat dari adonan gula merah dan tepung beras, lain dari kue pasung yang dikukus kue deram-deram dimasak dengan cara digoreng dengan diberi lubang-lubang pada tiap sisi.
Gambar 1.6: Kue Deram-Deram
   Kue Deram-deram biasanya disajikan saat acara berobat kampung atau semacamnya.

5. Kue otak unte
           Pernah dengar kue tak unte ? dari nama nya kita akan terheran-heran seperti apa bentuk dan rasanya. dengan bahan yang sama seperti kue pasung dan ku deram-deram, kue otak unte juga terbuat dari bahan utama tepung beras dan gula merah. bedanya cara adonan berbeda dari ke dua kue sebelumnya. kalau kue pasung dan deram-deram antara tepung beras dan gula di aduk menjadi satu, maka kue otak unte dipisah dengan di campur daun pandan sehingga adonan menjadi lebih wangi dan berwarna. 

          Nah.. bagaimana ? mau coba makanan khas melayu Sambas yang lain ? ada baiknya berkunjung barangkali satu minggu untuk mencoba Kuliner khas melayu sambas sambil ber-wisata ke tempat wisata yang ada di kabupaten sambas. dijamin anda akan betah dengan masyarakatnya yang ramah tamah.

No comments: