Wednesday, February 22, 2017

6 tempat Wisata di Paloh kalimantan barat ini bisa membuat liburan anda memuaskan

6 tempat wisata di kecamatan Paloh
 Pernah mendengar nama kecamatan Paloh ? ya, nama yang dikenal dengan tempat kerajaan alam gaib terbesar di Sambas. kecamatan yang terdiri dari 8 desa ini terletak di kabupaten sambas Provinsi kalimantan barat, Indonesia. Kecamatan Paloh berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan pada bagian Utara dan Laut Natuna pada bagian Barat. penduduk paloh  merupakan mayoritas melayu dengan mata pencaharian sebagai petani dan nelayan. tapi tahukah anda, ternyata kecamatan paloh mempunyai beberapa tempat wisata menarik dan eksotik yang wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.
 bagi anda yang gemar ber-wisata maka ada baiknya mencoba berkunjung ke tempat di kecamatan paloh.
berikut 7 tempat wisata di paloh yang wajib anda kunjungi:

1. Pantai Lestari
 tempat pertama yang wajib anda kunjungi adalah pantai lestari, pantai yang terletak di desa Tanah Hitam kecamatan paloh. letaknya tidak jauh dari pasar tanah hitam, kurang lebih 200 meter dari pasar.
 selain pemandangan yang indah, anda juga dapat menikmati suasana pantai yang ditata beberapa buah tempat duduk santai. selain itu anda juga dapat mengabadikan moment dengan mengambil gambar bersama patung-patung besar seperti penyu hijau raksasa, tokek, tangan dan sepatu raksasa. 

2. Bukit Liteng
 Pernah dengar ? mungkin ada beberapa yang belum tau dimana. tidak heran, karena tempat wisata ini baru-baru dibuka. tempat yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian bukit liteng dengan hamparan ilalang hijau yang menutupi permukaan tanah sehingga enak dipandang.

 Bukit Liteng terletak di dusun Cempaka desa Nibung Kecamatan Paloh. anda bisa mengendari sepeda motor untuk masuk kedalam jalan menuju bukit dari jalan raya dan jalan kaki untuk mendaki ke atas bukit. tak hanya indah dipandang, moment dari ketinggian tentunya takkan anda tinggalkan untuk diabadikan lewat kamera bersama sahabat maupun keluarga.


Baca juga : 

Mulai ramai dikunjungi, Taman Lunggi Sambas jadi tempat menghabiskan waktu sore hari bersama keluarga


 3. Wisata Mangrove
bagi anda yang cinta akan alam dan tumbuhan, maka wajib untuk berkunjung ke tempat wisata mangrove di paloh. selain memamerkan keindahan di sisi kiri kanan jalan, anda juga dapat mengenal nama-nama tumbuhan yang tumbuh di tanah ekosistem mangrove kecamatan paloh.

Wisata mangrove paloh terletak di dusun Setingga desa Sebubus kecamatan Paloh. anda tidak perlu membayar mahal untuk bisa masuk kedalam, cukup dengan Rp1000 anda bisa sepuasnya berjalan mengelilingi tempat wisata mangrove.
selain tumbuhan hijau, anda juga dapat menikmati keindahan alam di sepanjang sungai sebubus hingga dermaga pelabuhan merbau dengan menyewa speedboat yang disewakan oleh anggota tentara yang ikut serta mengurus kelestarian alam di paloh.
tak hanya menawarkan keindahan wisatanya, anda juga dapat membawa oleh-oleh atau buah tangan sepulang dari bukit liteng dan mangrove sebubus. anda dapat membeli kerajinan tangan seperti bakul, pas bunga, serta makanan laut seperti tengkuyung, tiram, dan kepiting untuk dibawa kerumah. 


Baca juga: 

Tak hanya unik, Makanan Khas daerah Sambas ternyata enak-enak loh


4. Pantai Selimpai
Tempat yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, jika sedang berpergian ke Sambas. Tidaklah berlebihan jika Pantai Selimpai merupakan pantai eksotis yang pernah dimiliki oleh wilayah sebelah utara Kalimantan Barat. Bentuk pantai yang unik yang merupakan Tanjung, bagian daratan yang menjorok ke laut, serta memiliki tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat.
Pantai selimpai terletak di desa Sebubus Kec. Paloh kabupaten sambas ( kurang lebih 7 km dari ibukota kecamatan dan 45 km utara kota Sambas ). Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam ( Sambas – Paloh ), kemudian menyebrangi sungai Paloh menggunakan Spead boat atau Perahu Motor sekitar 30 menit.
wisata eksotis ini ramai dikunjungi warga maupun pendatang pada penghujung minggu ataupun waktu liburan. pantai yang memaparkan keindahan alam di bibir pantai dengan hamparan pasir putih dan rerimbunan pinus yang tersusun rapi dengan rerumputan pendek yang indah. tidak akan rugi bagi anda yang berkunjung ke pantai selimpai.

5. Pantai Camar Wulan
Merupakan daerah yang berbatasan dengan negara Indonesia-Malaysia. pantai camar wulan ialah salah satu objek wisata yang terletak di desa Sebubus Kec. Paloh. Lebih kurang 60 km dari jantung ibu kota kabupaten Sambas.  Pantainya yang berpasir putih dan kuning dengan gelombang pantai yang lambat dengan susunan pohon cemara di tepian pantai. tak heran banyak yang memuja keindahannya.

pesona indahnya pantai disertai dengan airnya yang bersih tak mungkin tidak dapat menyilap mata pengunjung. apalagi pesona pantai ketika senja yang dapat anda nikmati bersama kekasih dapat menambah romantika anda.

6. Temajuk
siapa yang tak kenal dengan Temajuk, desa yang dikenal dengan nama surga di ekor kalimantan ini kerap diperbincangkan oleh para pecinta alam dan wisatawan. bagaimana tidak, pesona indah di sepanjang pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk menetap 2 sampai 3 hari di ekor pulau ini.

Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari perbatasan Telok Melano, Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer, terhampar sepanjang pesisir menuju Desa Temajuk yang kerap dikunjungi penyu untuk bertelur.
tak hanya wisatawan dalam negeri, tourist dari luar negeri juga sering datang berkunjung ke temajuk untuk menikmati keindahan alamnya. pemandangan eksotis di sepanjang pantai mampu menyihir mata wisatawan untuk menetap lebih lama.
bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan bersama keluarga maupun teman, tidak usah bingung untuk mencari tempat penginapan. di temajuk, anda tlah disiapkan villa bermacam bentuk dengan harga yang terjangkau. cukup dengan Rp150.000 sampai Rp300.000 anda bisa mendapat kan fasilitas villa lengkap.

bagaimana ? tidak perlu liburan keluar negeri untuk mendapatkan pemandangan indah nan eksotik. bagi anda yang ingin liburan bersama keluarga atau teman ada baiknya singgah disalah satu tempat wisata dikecamatan paloh. dijamin puas :)